Thursday, 9 October 2014

Copywriter, Sang Perayu Maut

amyloeq -- Sobat yang berbahagia dan sangat cerdas, pada postingan lalu sudah saya paparkan sedikit soal pemahaman copywriting. Kalau belom baca, coba tengok sejenak baca sebentar, lalu dilanjut membaca postingan ini soal copywriter.

Sobat yang budiman, copywriter itu adalah istilah untuk seseorang yang membuat copywriting. Copywriter  adalah seorang penulis, dengan gaya tulisan persuasif, ajakan, mengajak, propaganda, rayuan, merayu, dan sejenisnya. Tugas sang copywriter adalah memilihkan kata - kata yang pas dan sempurna untuk sebuah judul, moto, teklen, panduan atau promosi merek tertentu. Sebenernya soal copywriting itu tidak terbatas pada periklanan saja, melainkan membantu membuat potongan-potongan email, slogan, lirik jingle, konten halaman web (meskipun tujuannya tidak promosi, atau yang disebut penulis konten), iklan online, e-mail dan konten Internet lainnya, televisi atau radio script komersial, siaran pers, kertas putih, katalog, billboard, brosur, kartu pos, surat penjualan, dan halaman media komunikasi pemasaran lainnya. 

Sobat, kebanyakan para copywriter adalah karyawan dalam sebuah perusahaan periklanan seperti biro iklan, perusahaan PR, departemen periklanan perusahaan, toko besar, perusahaan pemasaran , penyiaran dan penyedia kabel, koran, penerbit buku, majalah dan agen kreatif . Selain itu copywriter juga dapat berupa sebuah kontraktor independen yang lepas untuk berbagai klien, di kantor klien atau bekerja sendiri, atau mitra atau karyawan di sebuah biro copywriting khusus. Namun ada juga lho ya copywriter itu bukan karyawan, melainkan seorang pribadi atau sebuah lembaga atau perusahaan copywriter.

Kalau lembaga copywriter berupa perusahaan, maka biasanya akan menggabungkan layanan copywriting dengan berbagai layanan lainnya berupa editorial terkait. Diantara layanan yang kerap diberikan oleh perusahaan copywriter sebagai  konsultasi messaging, Konsultan sosial media dan SEO, mengedit perkembangan, dan copy editing , proofreading, pemeriksaan fakta, tata letak, dan desain  Kalau sudah menjadi sebuah lembaga atau perusahaan copywriting tentu akan sering melayani perusahaan - perusahaan besar .

Seorang copywriter biasanya bekerja sebagai bagian dari tim kreatif. Sang copywriter atau juga yang saya sebut sebagai perayu maut biasanya bermitra dengan seorang art director. Sang copywriter adalah petanggung jawab utama untuk lisan (audio) atau tekstual (tulisan) konten iklan. Seorang copywriter bertanggung jawab untuk bercerita yang dikemas sedemikian rupa sehingga beresonansi dengan penampil / pembaca. Idelanya sih mampu menghasilkan sebuah respons yang emosional. 

Kalau dibilang copywriter itu lebih mirip-mirip dengan penulis teknis, ya demikianlah adanya. Sebenarnya karir copywriter itu adalah dilematis, karena secara umum seorang penulis itu tentu akan mendedikasikan tulisannya untuk menginformasikan kepada pembaca bukan malah sebaliknya yaitu membujuk. 

Sobat, berikut adalah para copywriter terkenal di dunia diantarany : Claude Hopkins, David Ogilvy, Robert Collier, William Bernbach, Lester Wunderman, dan Leo Burnett. Sangat banyak seniman kreatif menghabiskan sebagian karir mereka sebagai copywriter sebelum menjadi terkenal, diantaranya Bob Newhart, Vladimir Mayakovsky, Peter Carey, Dorothy L. Sayers, Eric Ambler, Joseph Heller, Terry Gilliam, William S. Burroughs, Salman Rushdie, Don DeLillo, Lawrence Kasdan, Murray Walker, Fay Weldon, Philip Kerr, Shigesato Itoi, dan Herschell Gordon Lewis, seorang sutradara filmyang kemudian menjadi copywriter sangat sukses.

Sobat, ayo terus belajar sampai kapan pun, tidak perduli umur berapa, statusnya apa dan dimana kita. (mluq)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar anda

Followers